Home / Uncategorized / Pentingnya Asi Eksklusif Untuk Bayi

Pentingnya Asi Eksklusif Untuk Bayi

ASI eksklusif adalah pertolongan ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan hingga 6 bulan.Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bayi di usia tersebut. Pada rentang usia berikut bayi seolah ‘makan’ tak kenal waktu. Kapan saja menjadi lapar, bayi akan menangis minta makan. Akibatnya, seorang ibu menyusui (busui) wajib siap memberi ASI kapanpun bayi membutuhkan. Hal ini membuat sebagian ibu khawatir produksi ASInya tak mencukupi.

Menurut wejangan WHO terbaru diberikan sepanjang 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apa pun dikarenakan nutrisi yang dikandungnya udah memenuhi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru mendapatkan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah himbauan ASI Eksklusif 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi keperluan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan mungkin serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat paling baik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya bakal sari makanan, paling higienis, bersama dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling diperlukan oleh bayi. ASI mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • meningkatkan kecerdasan bayi
  • mengurangi risiko penyakit jantung
  • mengurangi risiko obesitas
  • mengurangi risiko kanker
  • mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diare
  • membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama, terutama dalam suasana yang menyebabkan stres (jurnal Archives of Disease in Childhood)
  • mengurangi alergi pada anak

Makanan-makanan tiruan untuk bayi bersifat susu formula tidak tersedia yang mampu menandingi kelebihan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi senantiasa makin tambah tiap tiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI terlampau diperlukan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kadar minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Apabila bayi diberikan makanan tambahan di bawah usia 6 bulan, maka tersedia mungkin bayi mampu mengalami masalah pencernaan maupun alergi. Hal ini disebabkan sistim pencernaan bayi yang tetap belum sempurna dan begitu pula sistim kekebalan tubuh pada bayi. Invaginasi atau salah satu penyakit pada bayi yakni usus bayi masuk ke dalam ususnya yang lain akibat pengenalan makanan padat sebelum saat waktunya mampu mengancam nyawa bayi. Invaginasi perlu terapi operasi.

Ketimbang mengimbuhkan susu formula, bakal lebih baik kecuali bayi diberikan ASI dikarenakan manfaat yang banyak bagi bayi dan Ibu.

Keuntungan mengimbuhkan ASI bagi Ibu adalah :

Menambah panjang kembalinya kesuburan pasca melahirkan, sehingga mampu digunakan sebagai kontrasepsi alami

Ibu lebih cepat langsing. Penelitian menyatakan bahwa ibu menyusui enam bulan lebih langsing setengah kg dibanding ibu yang menyusui empat bulan

Sebenarnya, kuantitas memproduksi ASI terkait berasal dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin kerap bayi menyusu, jadi banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan jadi banyak memproduksi ASI. Maka kecuali pada awal-awal era menyusui, ASI Ibu tidak lancar maka tidak harus khawatir dikarenakan bersama dengan jadi kerap mneyusui maka memproduksi ASI mampu jadi makin tambah

Mau Sukses ASI Eksklusif, Penuhi 4 Syarat Ini

Menurut konselor menyusui dr. Wiyarni Pambudi, SpA (K) ICBLCC, memang produksi ASI seorang telah ditakdirkan memenuhi keperluan tiap anak. “Sehingga ibu tidak wajib khawatir sekiranya memiliki 2, 3, atau 4 anak sekaligus,” katanya terhadap fasilitas gathering Pemahaman Tenaga Kesehatan Mengenai Kebijakan Menyusui di Indonesia di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Menurut Wiyarni, produksi ASI telah disiapkan sementara ibu mengandung. ASI terhitung siap dikeluarkan sejalan bersama lahirnya bayi. Namun ASI yang sedikit di awal masa menyusui kerap membuat para ibu baru cemas. Padahal, kegelisahan ini tidak wajib sekiranya para ibu mengerti bahwa minimnya ASI adalah perihal wajar mengingat ukuran lambung bayi pun tetap terlalu kecil.

“Ketika lahir lambung bayi cuma sebesar kelereng, dan cuma memadai 10 mililiter. Karena itu produksinya terlalu sedikit,” ujarnya. Walau begitu, Wiyarni meyakinkan tersedia sebagian faktor yang wajib diperhatikan kegunaan menunjang produksi ASI. Dengan memenuhi beberapa syarat berikut, kesuksesan ASI eksklusif akan lebih ringan dicapai.

  1. Nutrisi

Wiyarni menganjurkan busui banyak konsumsi makanan bergizi. Wiyarni terhitung membolehkan sekiranya busui ingin konsumsi makanan bercita rasa tajam. “Pengaruhnya cuma di rasa, tidak di dalam nutrisi. Asal dapat membuat ibu rileks dan merangsang produksi ASI silahkan saja,” ujarnya.

Tak tersedia makanan tertentu yang menstimulasi produksi ASI. Menurut Wiyarni, perihal ini karena produksi ASI berwujud tertentu terhadap tiap-tiap bayi. Produksi sedikit tidak dapat diambil kesimpulan sama terhadap tiap ibu dan bayi. Pada ibu yang alergi, Wiyarni menganjurkan ibu menghalangi asupan makanan yang memunculkan alergi.

Namun alergi tidak boleh menjadi penghalang ibu menyusui bayinya. Selain nutrisi, Wiyarni terhitung menganjurkan ibu tidak curiga melakukan perawatan tambahan. “Misalnya perawatan payudara. Bila menjadi wajib maka sebaiknya dilakukan,” katanya.

  1. Usahakan menyusu segera Langsung

menyusu menjadi rangsang jitu yang menstimulasi produksi ASI. Hal ini karena aktifnya prolaktin yang merangsang produksi ASI. Bagi ibu yang wajib bekerja, memerah ASI dapat menjadi solusinya. “Kalau ibu tengah di rumah sebaiknya segera disusui. Namun jangan memasukkan benda layaknya puting, contoh dot buatan, terhadap bayi yang tidak menyusu langsung,” ujarnya.

Minum susu melalui dot wajib dihindari karena dikhawatirkan akan membuat bayi tak sudi ulang menyusu terhadap puting. Menyusu melalui puting memang relatif lebih sulit dibanding dot. Hal ini karena tenaga ekstra yang wajib dikeluarkan bayi dikala minum ASI melalui puting. Sehingga sebagian bayi nampak berkeringat dikala minum ASI. Wiyarni menganjurkan ibu melatih bayi minum ASI, bersama botol berujung sendok atau cangkir berlubang. Meski sulit, perihal ini lebih safe untuk bayi.

“Memang tidak dapat segera layaknya terhadap dot. Diperlukan sementara latihan kurang lebih 1-2 minggu,” katanya.

  1. Cari pemberian Dukungan menjadi faktor penting ibu sukses menyusui bayinya.

Dukungan ini meliputi keluarga dan lingkungan kerjanya. “Sebulan sebelumnya sampaikan ke keluarga dan lingkungan kerja, kecuali ingin memberi tambahan ASI. Selanjutnya cari pemberian lingkungan kerja untuk kesuksesan ASI,” kata Wiyarni. Wiyarni menganjurkan lingkungan kerja memberi tambahan pemberian dengan, pemberian cuti dan area menyusui yang layak.

  1. Disiplin dan Rajin tambah ilmu

Bagi ibu bekerja, Wiyarni menganjurkan untuk telaten memerah ASI tiga jam sekali. Semakin kerap ASI diperah, produksinya akan meningkat. “Layaknya toko, di dalam produksi ASI supply sama bersama demand,” kata Wiyarni. Bila perihal ini tetap dilakukan, ibu tidak wajib khawatir ASI tidak memadai bagi bayinya.

Wiyarni mengatakan, produksi ASI telah dicipatakan tidak lebih atau kurang terhadap tiap-tiap bayi. “Jangan lupa rajin baca, browsing, dan share ilmu untuk memotivasi diri. Kalau telah diniatkan tidak tersedia yang sulit,” ujar Wiyarni.

Jika anda memiliki kesulitan untuk mendapatkan asi berkualitas karena produksi asi anda macet dan tersendat temukan solusi nya di caramemperbanyakasi.com  anda akan menemukan jalan keluar dari kesulitan anda.

 

About admin

Check Also

Panduan Menyimpan ASI Agar Tetap Awet

Cara memperbanyak asi – ASI merupakan makanan paling baik bayi sampai ia sanggup memakan makanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *